RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri
1 Jebus
Mata
Pelajaran : Matematika-Wajib
Kelas/
Semester :
XIII/2
Materi
Pokok : Kubus
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Kompetensi Inti
B.
Kompetensi
Dasar:
2.1 Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsive, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada matematika serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
3.9 Menentukan
luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1. Mengidentifikasi
unsur-unsur kubus
2. Membuat
model jaring-jaring
kubus
3. Konsisten
dan teliti dalam membuat
jaring-jaring kubus
4. Tidak
mudah menyerah dalam mengidentifikasi
unsur-unsur dan jaring-jaring kubus
5. Memiliki
rasa ingin tahu terhadap permasalahan
nyata yang terkait dengan unsur-unsur dan jaring-jaring kubus.
D. Tujuan
Pembelajaran
Dengan pendekatan
scientific melalui model pembelajaran Problem Based Learning, siswa dapat :
1. Mengidentifikasi
unsur-unsur kubus
2. Membuat
model jaring-jaring
kubus
3. Konsisten
dan teliti dalam membuat jaring-jaring
kubus
4. Tidak
mudah menyerah dalam mengidentifikasi
unsur-unsur dan jaring-jaring kubus
5. Memiliki
rasa ingin tahu terhadap permasalahan
nyata yang terkait dengan unsur-unsur kubus dan jaring-jaring kubus.
E. Materi Pembelajaran:
1. Menemukan unsur-unsur kubus untuk menyelesaikan
jaring-jaring kubus.
Untuk semua kubus, berlaku:
a. Pada kubus ABCD.EFGH terdapat 8 buah titik sudut,
yaitu: A, B, C, D, E, F, G, H, (sudut disimbolkan dengan “ “).
b. Pada kubus ABCD.EFGH terdapat 12 rusuk yang sama
panjang, yaitu:
Rusuk
alas: AB, BC, CD, AD
Rusuk
tegak: AE, BF, CG, DH
Rusuk
atas: EF, FG, GH, EH
c. Memiliki 6 bidang sisi pada kubus ABCD.EFGH
d. Memiliki 4 buah diagonal ruang yang sama panjang.
Diagonal ruang kubus berpotongan ditengah-tengah kubus. Panjang diagonal ruang
AG=BH=CE=DF.
e. Terdapat 6 buah bidang diagonal, yaitu:
ACGE=BDHF=ABGH=CDEF=ADGF=BCHE.
Misalkan
ABCD.EFGH sebuah kubus dengan ABCD=EFGH=ABFE=BCFG=CDHG= ADHE adalah sisi. Luas
(L) dan volume (V) kubus dinyatakan dengan:
L =
SxSxS
|
V = S3
|
F. Model dan Metode Pembelajaran:
Pendekatan Pembelajaran:
Pendekatan Saintifik (Scientific)
Model Pembelajaran : discovery learning
Metode Pembelajaran :
penemuan, ceramah dan tugas.
G. Media
/ alat Pembelajaran
1. Alat peraga (karton, benda konkret dan kerangka)
2. Gambar kubus
3. LCD proyektor
4. Laptop
H. Sumber Belajar:
1. Buku
matematika pegangan siswa kelas
XIII,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
2. LKS
I.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan gambaran tentang pentingnya
memahami sifat-sifat kubus dan memberikan gambaran tentang
aplikasi kubus dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini siswa melakukan
kegiatan melihat dan bertanya.
2.
Untuk mendorong
rasa ingin tahu, guru menanya ‘sebutkan benda-benda yang ada disekitar kalian
yang berbentuk kubus’ dan siswa diajak mencoba dan menalar mengidentifikasi
unsur-unsur kubus.
|
|
Inti
|
1.
Fase 1: Stimulation (stimulasi /
pemberian rangsangan)
Siswa diberi pertanyaan mengenai kubus, ‘sebutkan
unsur-unsur dari kubus?
Siswa
menuliskan informasi yang terdapat dari masalah tersebut secara teliti dengan
menggunakan bahasa sendiri.
2. Fase
2: Mengorganisasikan siswa belajar
(a) Siswa
membentuk kelompok heterogen (dari sisi kemampuan, gender, budaya, maupun
agama) sesuai pembagian kelompok yang
telah direncanakan oleh guru.
(b) Guru
berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan berbagai
kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya hal-hal yang belum dipahami.
(c) Guru
memberi bantuan (scaffolding) berkaitan kesulitan yang dialami siswa
secara individu, kelompok, atau klasikal.
3.
Siswa bekerja sama untuk menemukan jaring-jaring
dan sifat-sifat kubus.
4.
Fase 3: Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok.
(a) Siswa
melihat hubungan-hubungan berdasarkan informasi/data terkait membangun
(b) Siswa
melakukan eksperimen dengan media yang disediakan untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam lembar kegiatan siswa..
(c) Guru
meminta siswa mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua
kemungkinan dari masalah yang ada dalam lembar kegiatan siswa. Bila
siswa belum mampu menjawabnya, guru memberi scaffolding dengan
mengingatkan siswa mengenai cara mereka menentukan penyelesaiannya.
5. Fase
4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
(a) Siswa
menyiapkan laporan hasil diskusi kelompok secara rapi, rinci, dan sistematis.
(b) Guru
berkeliling mencermati siswa bekerja menyusun laporan hasil diskusi, dan
memberi bantuan, bila diperlukan.
(c) Siswa
menentukan perwakilan kelompok secara musyawarah untuk menyajikan
(mempresentasikan) laporan di depan kelas.
6. Fase
5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
(a) Guru
meminta semua kelompok bermusyawarah untuk menentukan satu kelompok yang
mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil diskusinya di depan kelas secara
runtun, sistematis, santun, dan hemat waktu.
(b) Guru
memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok penyaji untuk memberikan
penjelasan tambahan dengan baik.
(c) Guru
memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok lain untuk memberikan tanggapan
terhadap hasil diskusi kelompok penyaji dengan sopan.
(d) Guru
melibatkan siswa mengevaluasi jawaban kelompok penyaji serta masukan dari
siswa yang lain dan membuat kesepakatan, bila jawaban yang disampaikan siswa
sudah benar.
(e) Guru
memberi kesempatan kepada kelompok lain yang mempunyai jawaban berbeda dari
kelompok penyaji pertama untuk mengkomunikasikan hasil diskusi kelompoknya
secara runtun, sistematis, santun, dan
hemat waktu. Apabila ada lebih dari satu kelompok, maka guru meminta siswa
bermusyawarah menentukan urutan penyajian.
(f) Guru mengumpulkan semua hasuil diskusi tiap kelompok.
(g) Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai
permasalahan tersebut.
Evaluasi:
………………………………………………………………………..
|
|
Penutup
|
1. Siswa
diminta menyimpulkan tentang bagaimana
langkah-langkah untuk mengidentifikasi sifat-sifat kubus dan
membuat jaring-jaring kubus.
2. Dengan
bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan
disimpulkan mengenai langkah-langkah untuk
mengidentifikasi sifat-sifat kubus dan membuat jaring-jaring kubus.
3. Guru
memberikan tugas PR beberapa soal mengenai kubus.
4. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap
belajar.
|
J. Penilaian
Hasil Pembelajaran:
1.
Teknik
Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.
Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat
aktif dalam pembelajaran
b. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c. Konsisten
dan teliti dalam menyelesaikan
tugas.
d. Tidak mudah menyerah dalam
melaksanakan tugas
kelompok
e. Memiliki rasa ingin tahu dalam menyelesaikan tugas
kelompok.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
1. Mengidentifikasi
unsur-unsur kubus
2. Membuat
jaring-jaring kubus
3. Menghitung
luas permukaan kubus
4.
Menghitung volum kubus
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil
dalam menyelesaikan soal
tentang kubus.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
K. Instrumen Penilaian
(terlampir)
1. Instrumen Penilaian Sikap
PENILAIAN
SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : XIII /
2
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Topik :
Bangun Ruang
Waktu Pengamatan : Saat kegiatan berlangsung
Petunjuk:
1.
Fokus sikap siswa yang dikembangkan atau
ditumbuhkan dalam proses pembelajaran pertemuan ini adalah Konsisten
dan teliti dalam menghitung luas permukaan dan volum kubus, tidak mudah menyerah dalam
memecahkan masalah luas permukaan dan volum kubus, Memiliki rasa ingin tahu terhadap
penyelesaian masalah luas permukaan dan volum kubus dalam menyelesaikan tugas kelompok.
2.
3.
Kriteria perkembangan
sikap KERJA SAMA (dalam kelompok)
Sangat baik jika menunjukkan
sudah melakukan kerja sama dalam
menyelesaikan tugas kelompok secara
terus menerus dan ajeg/konsisten
Baik jika menunjukkan
sudah melakukan kerja sama dalam
melaksanakan tugas-tugas kelompok, cenderung ajeg/konsisten tetapi belum terus
menerus
Cukup jika
menunjukkan sudah
melakukan kerja sama dalam melaksanakan
tugas-tugas kelompok tetapi belum
ajeg/konsisten
Kurang
jika menunjukkan
sama sekali tidak melakukan kerja sama
dalam melaksanakan tugas kelompok
4. Tuliskan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
NO
|
Nama
|
Konsisten dan teliti
|
Pantang menyerah
|
Rasa ingin tahu
|
|||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
...
|
SB = sangat baik
B = baik C = Cukup K = kurang baik
2. Instrumen Penilaian Pengetahuan
Tes
Tertulis
a.
Lia
ingin membuat kotak pensil yang berbentuk kubus dari karton. Sebelumnya, ia
harus terlebih dahulu membuat jaring-jaring kubus. Manakah jaring-jaring yang
bisa digunakan untuk membuat kotak pensil yang diinginkan Lia?
b.
Sebuah
kubus memiliki rusuk sepanjang 10 cm. Berapakah jumlah rusuk yang dimiliki oleh
kubus tersebut?
Kunci
Jawaban:
3. Instrumen Penilaian Pengetahuan
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XIII/2
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan : 2 x 45 menit
Indikator terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan Kubus.
1.
Kurang terampil, jika sama sekali tidak dapat menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan Kubus.
2.
Terampil, jika menunjukkan sudah
ada usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan Kubus.
3.
Sangat terampill, jika menunjukkan adanya
usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan Kubus.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
||
Menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
||||
8
|
||||
9
|
||||
10
|
.
.
.
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T : Terampil
ST : Sangat terampil
LEMBAR
KEGIATAN SISWA (LKS )
Satuan Pendidikan
: SMP
Kelas/ Semester
: XIII / 2
Mata Pelajaran
: Matematika
Topik : Kubus
Waktu : 45 menit
Petunjuk :
Diskusikan
dengan teman dalam kelompokmu !
Menggambar jaring-jaring kubus
Masalah 1
Doni ingin memberi hadiah untuk ulang tahun temannya,
sehingga Doni membuat kadonya berbentuk kubus. Lalu ia harus membuat
jaring-jaring kubus tersebut terlebih dahulu. Ada berapa banyak bentuk
jaring-jaring yang dapat digunakan Doni untuk membuat kubus tersebut?
Masalah 2
Berapakah jumlah rusuk dan sisi yang dimiliki oleh
tiga buah kubus?
Renungan Harian Katolik
BalasHapushalodoc