Sabtu, 04 April 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SMP Negeri 1 Jebus
Mata Pelajaran               : Matematika-Wajib
Kelas/ Semester               : XIII/2
Materi Pokok                  : Kubus
Alokasi Waktu                : 2 jam pelajaran


A.      Kompetensi Inti
KI 1

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.       Kompetensi Dasar:
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsive, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.9 Menentukan luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas.
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.      Mengidentifikasi unsur-unsur kubus
2.      Membuat model jaring-jaring kubus
3.      Konsisten dan teliti dalam membuat jaring-jaring kubus
4.      Tidak mudah menyerah dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan jaring-jaring kubus
5.      Memiliki rasa ingin tahu terhadap permasalahan nyata yang terkait dengan unsur-unsur  dan jaring-jaring kubus.


D.   Tujuan Pembelajaran
     Dengan pendekatan scientific  melalui model pembelajaran Problem Based Learning, siswa dapat :
1.      Mengidentifikasi unsur-unsur kubus
2.      Membuat model jaring-jaring kubus
3.      Konsisten dan teliti dalam membuat jaring-jaring kubus
4.      Tidak mudah menyerah dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan jaring-jaring kubus
5.      Memiliki rasa ingin tahu terhadap permasalahan nyata yang terkait dengan unsur-unsur kubus dan jaring-jaring kubus.

E.   Materi Pembelajaran:

1.      Menemukan unsur-unsur kubus untuk menyelesaikan jaring-jaring kubus.
Untuk semua kubus, berlaku:
a.       Pada kubus ABCD.EFGH terdapat 8 buah titik sudut, yaitu: A, B, C, D, E, F, G, H, (sudut disimbolkan dengan “ “).
b.      Pada kubus ABCD.EFGH terdapat 12 rusuk yang sama panjang, yaitu:
Rusuk alas: AB, BC, CD, AD
Rusuk tegak: AE, BF, CG, DH
Rusuk atas: EF, FG, GH, EH
c.       Memiliki 6 bidang sisi pada kubus ABCD.EFGH
d.      Memiliki 4 buah diagonal ruang yang sama panjang. Diagonal ruang kubus berpotongan ditengah-tengah kubus. Panjang diagonal ruang AG=BH=CE=DF.
e.       Terdapat 6 buah bidang diagonal, yaitu: ACGE=BDHF=ABGH=CDEF=ADGF=BCHE.

Misalkan ABCD.EFGH sebuah kubus dengan ABCD=EFGH=ABFE=BCFG=CDHG= ADHE adalah sisi. Luas (L) dan volume (V) kubus dinyatakan dengan:
L = SxSxS

V = S3



F.   Model dan Metode Pembelajaran:
Pendekatan Pembelajaran: Pendekatan Saintifik (Scientific)
Model Pembelajaran         : discovery learning
Metode Pembelajaran       : penemuan, ceramah dan tugas.

G.  Media / alat Pembelajaran
1. Alat peraga (karton, benda konkret dan kerangka)
2. Gambar kubus
3. LCD proyektor
4. Laptop

H.   Sumber Belajar:
1.      Buku matematika pegangan siswa kelas XIII, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
2.      LKS

I.         Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami sifat-sifat kubus dan memberikan gambaran tentang aplikasi kubus dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini siswa melakukan kegiatan melihat dan bertanya.
2.      Untuk mendorong rasa ingin tahu, guru menanya ‘sebutkan benda-benda yang ada disekitar kalian yang berbentuk kubus’ dan siswa diajak mencoba dan menalar mengidentifikasi unsur-unsur kubus.

Inti
1.      Fase 1: Stimulation (stimulasi / pemberian rangsangan)
Siswa diberi pertanyaan mengenai kubus, ‘sebutkan unsur-unsur dari kubus?
            

 Siswa menuliskan informasi yang terdapat dari masalah tersebut secara teliti dengan menggunakan bahasa sendiri.
2.      Fase 2: Mengorganisasikan siswa belajar
(a)    Siswa membentuk kelompok heterogen (dari sisi kemampuan, gender, budaya, maupun agama) sesuai pembagian kelompok  yang telah direncanakan oleh guru.
(b)    Guru berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami.
(c)    Guru memberi bantuan (scaffolding) berkaitan kesulitan yang dialami siswa secara individu, kelompok, atau klasikal.
3.      Siswa bekerja sama untuk menemukan jaring-jaring dan sifat-sifat kubus.
4.      Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok.
(a)    Siswa melihat hubungan-hubungan berdasarkan informasi/data terkait membangun
(b)    Siswa melakukan eksperimen dengan media yang disediakan  untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam lembar kegiatan siswa..
(c)    Guru meminta siswa mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan dari masalah yang ada dalam lembar kegiatan siswa. Bila siswa belum mampu menjawabnya, guru memberi scaffolding dengan mengingatkan siswa mengenai cara mereka menentukan penyelesaiannya.
5.      Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
(a)       Siswa menyiapkan laporan hasil diskusi kelompok secara rapi, rinci, dan sistematis.
(b)      Guru berkeliling mencermati siswa bekerja menyusun laporan hasil diskusi, dan memberi bantuan, bila diperlukan.
(c)       Siswa menentukan perwakilan kelompok secara musyawarah untuk menyajikan (mempresentasikan) laporan di depan kelas.
6.      Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
(a)    Guru meminta semua kelompok bermusyawarah untuk menentukan satu kelompok yang mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil diskusinya di depan kelas secara runtun, sistematis, santun, dan hemat waktu.
(b)    Guru memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok penyaji untuk memberikan penjelasan tambahan dengan baik.
(c)    Guru memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok lain untuk memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok penyaji dengan sopan.
(d)   Guru melibatkan siswa mengevaluasi jawaban kelompok penyaji serta masukan dari siswa yang lain dan membuat kesepakatan, bila jawaban yang disampaikan siswa sudah benar.
(e)    Guru memberi kesempatan kepada kelompok lain yang mempunyai jawaban berbeda dari kelompok penyaji pertama untuk mengkomunikasikan hasil diskusi kelompoknya secara  runtun, sistematis, santun, dan hemat waktu. Apabila ada lebih dari satu kelompok, maka guru meminta siswa bermusyawarah menentukan urutan penyajian.
(f)     Guru mengumpulkan semua hasuil diskusi tiap kelompok.
(g)    Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai permasalahan tersebut.

Evaluasi:
………………………………………………………………………..

Penutup
1.      Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana langkah-langkah untuk mengidentifikasi sifat-sifat kubus dan membuat jaring-jaring kubus.
2.      Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai langkah-langkah untuk mengidentifikasi sifat-sifat kubus dan membuat jaring-jaring kubus.
3.      Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai kubus.
4.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.


J. Penilaian Hasil Pembelajaran:
1.       Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.       Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Konsisten dan teliti dalam menyelesaikan tugas.
d.      Tidak mudah menyerah dalam melaksanakan tugas kelompok
e.       Memiliki rasa ingin tahu dalam menyelesaikan tugas kelompok.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
1.      Mengidentifikasi unsur-unsur  kubus
2.      Membuat jaring-jaring kubus
3.      Menghitung luas permukaan kubus
4.      Menghitung volum kubus

Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.       Terampil dalam menyelesaikan soal tentang kubus.

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

K.  Instrumen Penilaian (terlampir)
   1.  Instrumen Penilaian Sikap

PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran                : Matematika
Kelas                                 : XIII / 2
Tahun Pelajaran                : 2014/2015
Topik                                : Bangun Ruang
Waktu Pengamatan        : Saat kegiatan berlangsung

Petunjuk:
1.                                                                                               Fokus sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran pertemuan ini adalah Konsisten dan teliti dalam menghitung luas permukaan dan volum kubus, tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah luas permukaan dan volum kubus, Memiliki rasa ingin tahu terhadap penyelesaian masalah luas permukaan dan volum kubus dalam menyelesaikan tugas kelompok.
2.                                                                                         
3.                                                                                        Kriteria  perkembangan sikap KERJA SAMA (dalam kelompok)
Sangat baik jika menunjukkan sudah melakukan kerja sama  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Baik jika menunjukkan sudah melakukan kerja sama  dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok, cenderung ajeg/konsisten tetapi belum terus menerus
Cukup  jika menunjukkan sudah melakukan kerja sama  dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok  tetapi belum ajeg/konsisten
Kurang jika menunjukkan sama sekali tidak melakukan kerja sama  dalam melaksanakan tugas kelompok
4. Tuliskan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
Nama
Konsisten dan teliti
Pantang menyerah
Rasa ingin tahu
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1













2













3














...














SB = sangat baik    B = baik    C = Cukup    K = kurang baik

2.  Instrumen Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis
a.       Lia ingin membuat kotak pensil yang berbentuk kubus dari karton. Sebelumnya, ia harus terlebih dahulu membuat jaring-jaring kubus. Manakah jaring-jaring yang bisa digunakan untuk membuat kotak pensil yang diinginkan Lia?
b.      Sebuah kubus memiliki rusuk sepanjang 10 cm. Berapakah jumlah rusuk yang dimiliki oleh kubus tersebut?

         Kunci Jawaban:
   



          3.  Instrumen Penilaian Pengetahuan

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : XIII/2
Tahun Pelajaran           : 2013/2014
Waktu Pengamatan     : 2 x 45 menit
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Kubus.
1.      Kurang terampil, jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Kubus.
2.      Terampil, jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Kubus.
3.      Sangat terampill, jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Kubus.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10
.
.
.




Keterangan:
KT       : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil

LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS )

Satuan Pendidikan    :   SMP
Kelas/ Semester         :   XIII / 2
Mata Pelajaran          :   Matematika
Topik                          :   Kubus
Waktu                       :   45 menit

Petunjuk :
Diskusikan dengan teman dalam kelompokmu !
Menggambar jaring-jaring kubus
Masalah 1
Doni ingin memberi hadiah untuk ulang tahun temannya, sehingga Doni membuat kadonya berbentuk kubus. Lalu ia harus membuat jaring-jaring kubus tersebut terlebih dahulu. Ada berapa banyak bentuk jaring-jaring yang dapat digunakan Doni untuk membuat kubus tersebut?

Masalah 2
Berapakah jumlah rusuk dan sisi yang dimiliki oleh tiga buah kubus?



1 komentar: